Memotivasi dan Menginspirasi

Wednesday, 12 March 2014

Jangan Remehkan Hal-hal Kecil

"Perjalanan keliling dunia dimulai dari satu langkah"

Kita pasti sering berfikir dan menganggap remeh hal-hal kecil yang ada pada diri kita dan disekitar kita. Padahal seperti kata perpatah diatas bahwa sesuatu hal yang besar selalu dimulai dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu.

Pola fikir yang sering meremehkan hal-hal kecil justru sangat berbahaya bagi seseorang, betapa tidak dia tidak mau mengerjakan suatu pekerjaan yang dia anggap atau masyarakat menganggap pekerjaan itu sebagai pekerjaan remeh dan rendah, walaupun pekerjaan itu halal. hanya karena latar pendidikannya yang tinggi atau tidak sesuai dengan bidang pendidikan yang dia geluti. masyarakat sering mengatakan kalimat yang buruk seperti "kamu kan sarjana kok pekerjaannya kayak gitu, kok malah dagang, lebih baik nganggur daripada kerja seperti itu". ya, kata-kata lebih baik nganggur itu sangat berbahaya, dan inilah yang menjadi penyebab meningkatnya pengangguran dinegeri kita tercinta ini. 

Kembali kejudul tulisan kita, bahwa tidak ada hal besar yang tidak dimulai dari hal kecil, dan justru hal-hal kecil inilah yang akan membawa kita kepada hal-hal yang besar. Kita ambil contoh, minuman gelas, katakanlah Aqua, dulu sebelum terkenal seperti sekarang, pendirinya diremehkan semua orang, bahwa tidak ada orang yang mau membeli air putih dan yang dia lakukan sia-sia saja, tetapi dia tidak bergeming, dan sekarang semua orang membeli produknya, tidak ada yang tidak kenal dengan Aqua. Semuanya dimulai dari hal kecil yang bahkan dianggap remeh dan sia-sia oleh masyarakat.

Sekali lagi, janganlah meremehkan hal-hal yang kecil, semua yang ada didunia ini dimulai dari hal yang kecil dan sedikit, orang dewasa menjadi dewasa dimulai dari bayi yang kecil dulu, uang puluhan triliun dimulai dari recehan, buku ratusan halaman dimulai dari selembar halaman, perjalanan keliling dunia dimulai dari satu langkah. semuanya dimulai dari hal-hal kecil.

Jadi, mari kita rubah pola fikir dan tingkah laku kita. Mulailah dari hal-hal kecil, teruslah berusaha dan bersemangat dalam mengejar hal-hal yang bermamfaat dan impianmu. Memang butuh waktu yang tidak sebentar untuk menggapai impian dan cita-cita kita, tidak tiba-tiba, ujub-ujub kata orang jawa. Semuanya butuh proses panjang yang kadang-kadang kita sempat berfikir untuk putus asa dan berhenti. Tetapi percayalah, dengan ketekunan dan kesungguhan serta berdoa dan tawakkal kepada Allah, pasti kita akan meraih yang kita impikan dan bermamfaat bagi orang lain.

Semoga bermamfat.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Recent Posts

Popular

Followers

Home Ads

Comments