Memotivasi dan Menginspirasi

Monday, 17 March 2014

Kenapa mesti takut gagal

Siapa sih yang tidak pernah gagal didunia ini? atau siapa yang hidupnya selalu sukses sehingga ia tidak tau bagaimana rasanya gagal. Tentu tidak ada orang yang seperti itu.

Kegagalan adalah hal yang tidak akan pernah lepas dari manusia, semua yang kita lalui sebelum kita merasakan keberhasilan, sebelum menikmati kesuksesan pasti didahului dengan kegagalan demi kegagalan. Bahkan tidak hanya gagal sekali dua kali, melainkan berkali-kali sampai-sampai kita sempat berpikir untuk berhenti.

Tetapi apakah dengan kegagalan-kegagalan yang kita hadapi itu membuat kita berhenti dan berputus asa dalam meraih kesuksesan? tentu tidak, jangan sekali-kali lakukan itu. Kita memang manusia yang bisa gagal tapi jangan lupa bahwa kita juga diberi kemampuan untuk bangkit lagi, semangat lagi dari keterpurukan dan kegagalan.

Coba kita perhatikan jejak langkah orang-orang sukses disekitar kita, apakah mereka mendapatkan kesuksesan mereka dengan instan dan tiba-tiba?. Tentu tidak, mereka melaluinya dengan penjalanan panjang yang melelahkan dan penuh dengan kegagalan, barulah mereka bisa meraih kesuksesan. Dan ingatlah, kita sebenarnya diciptakan menjati makhluk yang tidak takut gagal dan pantang menyerah. Coba perhatikan sewaktu kita masih bayi dimana kita belum bisa berjalan, kita tertatih-tatih, berkali-kali jatuh, terkadang membuat tubuh kita luka, namun kita tidak pernah menyerah dan memutuskan untuk berhenti berjalan. Kita dengan semangat pantang menyerah mencoba lagi, sehingga kita bisa berjalan seperti sekarang.

Tapi mengapa sekarang kita berubah, semakin dewasa kita semakin takut akan kegagalan, semakin takut untuk mencoba, semakin malas untuk bangkit lagi dari kegagalan. Ingatlah, Allah selalu memberi kita kemudahan setelah kesulitan yang kita hadapi, tetapi dengan syarat kita harus berusaha keras, berdoa dan bertawakkal kepadaNya. Islam tidak mengajarkan kita untuk menjadi pemalas, islam tidak mengajarkan kita untuk takut akan kegagalan, islam tidak mengajarkan kita untuk takut menghadapi masa depan. Tetapi islam mengajarkan kita untuk rajin berusaha keras, bertawakkal dan optimis akan masa depan dan tidak takut akan kegagalan.

Masa depan bukan untuk ditakuti, kegagalan bukan untuk diratapi dan menjadikan kita berhenti, tetapi masa depan adalah untuk dihadapi dan kegagalan adakah untuk diambil pelajaran sehingga kita bisa untuk bangkit lagi menuju kesuksesan.

Mari kita buang jauh-jauh sifat malas dan rasa takut akan kegagalan dalam diri kita. Tatap masa depan dengan optimis, hadapi kegagalan dengan bangkit lagi. Ingat, jika gagal 1 kali, bangkit 1 kali, gagal 2 kali, bangkit 2 kali, gagal 3 kali, bangkit 3 kali. Jangan ada kata menyerah yang terucap dari lisan kita.

Terima kasih, semoga bermanfaat.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Recent Posts

Popular

Followers

Home Ads

Comments