Memotivasi dan Menginspirasi

Monday, 14 December 2015

Trik Lulus Tes PNS Modal Dengkul (Part 1) - Pendahuluan/Pembukaan/Mukadimah/Prakata/Prolog

Sebelum memulai tulisan ini ada baiknya kita mendoakan mantan kita agar bahagia bersama pasangan barunya walaupun sebenarnya hati kita menangis (apa hubungannya). Kali ini serius, sebelum memulai tulisan ini ada baiknya saya jelaskan dulu apa itu PNS dan latar belakang penulisan tulisan ini.Agar nantinya para pembaca tidak bingung ketika sudah baca sampai habis, eh dia malah nanya gini "PNS itu apa sih?" .Saya mencoba untuk tidak ngasal dalam memberikan pengertian tentang PNS, saya ambil dari sumber yang relatif dapat dibilang capable yaitu wikipedia.com. Jadi menurut wikipedia PNS adalah pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Oh iya hampir lupa, sebelum menulis lebih banyak, panjang lebar, depan balakang, kayang, split apalah, ada sedikit info nih bahwa beberapa hari yang lalu saya secara resmi menerima SK PNS yang diserahkan langsung oleh bupati. Saya lulus pada formasi umum penerimaan tahun 2013. Itu aja sekilas infonya, biar penulis ngak bertanya-tanya kayak gini "Ini yang nulis panjang lebar jelasin trik lulus PNS, dia sendiri udah lulus belum?".

Oke kita lanjutkan! Untuk Jambi lebih baik!. Nah loh, malah kena efek pilkada. Opppss. PNS ngak boleh berpolitik. Lebih baik kita lanjutkan ceritanya aja ya. hehe

Dimasyarakat Indonesia umumnya profesi PNS merupakan salah satu profesi yang paling banyak diburu oleh masyarakat. Dapat dibuktikan dengan jutaan orang yang melamar untuk menjadi PNS tiap tahunnya walaupun kuota yang diberikan sangat sedikit dibandingkan dengan banyaknya jumlah pelamar. 

Kenapa sih masyarakat sangat ingin jadi PNS? Kalau menurut survey dan pengamatan pribadi saya sih dapat saya simpulkan ada beberapa hal yang menjadi alasan kenapa PNS banyak diminati diantaranya :
1. Karena dia cantik
2. Tutur bahasanya sopan
3. Anaknya memang rajin, pintar pula

Apasih, PNS itu profesi, bukannya cewek!!!!!!!!!!!!Gubrak

Menurut pengamatan saya, kenapa PNS digemari diantaranya :

1. Gaji pokok tetap setiap bulannya
2. Tunjangan lain seperti tunjangan kinerja, profesi, anak, istri

3. Kenaikan gaji secara berkala
4. Fasilitas gratis yang diberikan negara ex.kedaraan dinas, rumah dinas
5. Pengembangan profesi ex.beasiswa untuk melanjutkan pendidikan
6. Sangat jarang kena PHK
7. Jaminan kesehatan
8. Jaminan hari tua (Pensiun)

Dan agar para pembaca tidak bertanya-tanya kenapa sih judulnya Trik Lulus PNS Modal Dengkul alias gratis, bukannya jadi PNS itu memang gratis mulai dari ujiannya sampai sudah secara resmi menjadi PNS.

Secara resmi atau menurut peraturan Menpan (Kementrian yang mengadakan seleksi tes PNS) sih begitu. Namun ada satu kebiasaan tradisi atau sebuah paradigma (cie bahasanya) yang sudah mengakar tunggang dan akar serabut dimasyarakat. Paradigma tersebut adalah bahwa untuk lulus menjadi PNS, Polisi, Tentara, diterima ketika nembak cewek (yang terakhir bercanda) harus mengeluarkan sejumlah uang dalam jumlah yang besar. Untuk apa? Menurut mereka sih sebagai pelicin supaya lulus dengan mudah. Bukan rahasia umum lagi kalau mereka sogok sana sogok sini senggol sana senggol sini dan melakukan berbagai macam cara agar dirinya, anaknya, keluarganya lulus sebagai PNS, Polisi ataupun tentara. Tetapi menurut saya penggunaan pelicin (baca:pelumas) itu harus, kan kalau ngak ada pelicin kan bisa ngak enak, sakit, akhirnya bisa luka lecet, dan malah trauma ngak mau ngelakuiannya lagi #Ngomongin apa sih #ngak boleh ngomong jorok.

Jadi intinya, kalau ngak pakek uang sogokan jangan harap lulus jadi PNS/Polisi/Tentara. Lulus murni? Itu cuma ada dalam mimpi sahaja. Begitu kata sebagian besar masyarakat kita. Namun menurut kata pepatah pak Mario Runtuh. Tak ada yang tak mungkin, dimana ada kemauan disitu ada jalan. Dimana ada usaha, pasti mantan akan balik lagi. #Bisa serius ngak ??

Berhubung saya tidak pernah tes masuk Polisi apalagi tentara jadi saya hanya akan menulis trik lulus murni alias modal dengkul untuk jadi PNS. Bukan saya ngak suka jadi polisi sih namun saya sadar untuk lulus murni jadi polisi membutuhkan fisik yang sangat kuat, nah saya kena gerimis dikit doang besoknya langsung demam, liat cicak aja langsung  ngak selera makan. Jadi saya memutuskan untuk menjadi PNS saja, kan tesnya tidak membutuhkan kemampuan fisik yang kuat. Tesnya cuma menjawab soal-soal, dan sedikit latihan fisik ketika kita mengikuti diklat prajabatan, akan saya jelaskan secara detail pada tulisan berikutnya.

Judulnya modal dengkul alias tanpa modal sepeserpun, serius deh. Pada tulisan kali ini saya akan membagikan trik untuk lulus menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) tanpa mengeluarkan modal sepeserpun. Sebenarnya keluar modal juga sih, buat beli bensin, map, amplop, fotocopy, legaslisir, materai, makan dan seterusnya yang jumlahnya sangat kecil, paling tidak sampai 100 ribu rupiah, itupun masih bisa dihemat lagi kalau kita perginya nebeng teman, makannya pasang muka melas biar ditraktir teman. Jumlah uang segitu tentu jauh lebih kecil daripada lulus sogokan yang konon menurut legenda mencapai ratusan juta rupiah.

Sia-sia kan mengeluarkan uang sebanyak itu hanya untuk lulus jadi PNS. Kalau saya pribadi sih kalau punya uang sebanyak itu, udah saya pakek buat tambahan modal usaha, beli mobil, dan yang paling penting adalah buat modal kawin. hahaha

Dan satu hal lagi yang paling penting adalah kalau PNS bukanlah satu-satunya pekerjaan yang harus anda incar jika sudah lulus kuliah. Toh kalaupun anda gagal menjadi PNS masih banyak pekerjaan lain yang lebih prestisius daripada menjadi PNS. Masih banyak cewek lain yang lebih baik, ikhlaskanlah, pasti ada yang mau mencintai anda apa adanya. ##!@!@!@

Intinya, Allah memberikan rezekinya kepada kita dengan jalan apapun dan dengan cara apapun. Jadi jangan cepat berputus asa, terus berusaha, cari ide-ide kreatif yang menguntungkan. Insya Allah rezeki akan mengalir ketangan anda.

Berhubung ini hanya pendahuluan saja, jadi hanya sampai segitu dulu ya penjelasannya. Tulisan ini saya buat dalam beberapa bagian, pada bagian-bagian selanjutnya saya akan jelaskan bagaimana trik-triknya agar lulus murni menjadi Pegawai Negeri Sipil. Mulai dari persiapan mental, persiapan ujian, trik belajar cepat dan tidak bosan, diklat prajabatan, menjalani masa percobaan sebagai CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), sampai anda lulus secara resmi menjadi seorang PNS.

Jadi tungguin part-part selanjutnya, biar ngak ketinggalan, follow aja blog ini ya.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Recent Posts

Popular

Followers

Home Ads

Comments