Memotivasi dan Menginspirasi

Saturday, 25 May 2019

Jurus Jitu Bebas Masalah Keuangan Saat Lebaran



Tak terasa bulan puasa tahun ini sudah hampir berakhir, dan lebaran sudah semakin dekat. lebaran di Indonesia selalu meriah, apalagi dikampung kampung yang menjadi tujuan pulang bagi orang orang yang sepanjang tahun menghabiskan waktunya merantau di kota untuk mencari nafkah, sehingga moment moment seperti lebaran ini menjadi momen spesial. Mereka bisa kumpul bersama orangtua dan keluarga besar dikampung halaman.

Dan bagi masyarakat yang memang tinggal dikampung, lebaran menjadi salah satu momen spesial yang meriah, keramaian dimana mana, mulai dari saling silaturahmi sampai acara lomba permainan tradisional.

Namun masalahnya adalah, semua kesenangan kesenangan itu harus ditopang  dana yang dibutuhkan haruslah mampu menutupi semua kebutuhan selama lebaran.

Bagi yang tinggal dikota, biaya pulang kampung pasti sangat besar, bahkan bisa sama besar dengan budget belanja bulanan keluarga selama enam bulan.

Budget dikeluarkan mulai dari membeli tiket mudik, apalagi yang naik pesawat, tiket pesawat sekarang naik cukup tinggi, belum biaya makan dijalan, oleh oleh untuk keluarga dikampung, biaya THR untuk keluarga, biaya sehari hari dikampung, sampai beli oleh oleh untuk tetangga dikota. Semua itu perlu dana yang sangat besar ya.

Akibatnya banyak orang yang kolaps kekurangan dana sehingga tak jarang yang pinjem uang untuk menutupi kekurangannya. Ada sedikit tips yang kiranya berguna untuk mengatur keuangan agar dananya tepat dan tidak kolaps sehingga harus pinjem uang. 

1. Buat perencanaan budget
Rencanakan semua kegiatan anda ketika lebaran, buat daftar kebutuhan anda, setelah itu anda review lagi dan hapus beberapa kebutuhan yang anda rasa tidak perlu. Perencanaan budget haruslah sesuai dengan rasional pendapatan anda.

2. Sisihkan uang beberapa bulan sebelum lebaran
Menyisihkan uang beberapa bulan sebelum lebaran akan mempermudah kita dan tidak terlalu bergantung pada THR yang terkadang cairnya belum tentu kepastiannya. Jika uang yang terkumpul seebelum lebaran sudah cukup, maka anda bisa dapat bonus dengan THR yang bisa anda tabung.

3. Cari penghasilan tambahan
anda bisa bisnis online,atau jualan baju, jualan takjil, buka jasa service dll. Biasanya dibulan ramadhan ini minat belanja masyarkat sangat tinggi dan bisa menjadi peluang anda untuk mendapat uang tambahan dengan berjualan.

4. Cari diskonan
Bulan ramadhan selain dibanjiri oleh keberkahan juga dibanjiri oleh diskonan, semua barang didiskon, mulai dari baju, tiket kereta, tiket pesawat.

Demikianlah sedikit tips yang mungkib berguna bagi teman teman dalam menghadapi lebaran. Semoga lebaran tahun menjadi berkah dan ladang pahala bagi kita semua. Jangan sampai lebaran menjadi bencana bagi yang tidak menghadapinya dengan cara yang baik.

DUKUNG TERUS BLOG INI DENGAN CARA SHARE ARTIKELNYA DAN FOLLOW BLOG INI. TERIMA KASIH


Share:

22 comments:

  1. Mantap jurusnya bro. Ngomongin lebaran memang ngga di mana-mana biasanya mikirin nya udah satu bulan sebelumnya.. padahal lebaranya cuma satu hari.. hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bro, nabungnya beberapa bulan sebelum lebaran, budgetnya bisa untuk 6 bulan diluar bulan ramadhan, hehe

      Delete
  2. artikelnya mantap, sangat memotivasi hehehe :D

    ReplyDelete
  3. Good cara yang bagus bro alvinkurniawanar.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Sayangnya belom dapet thr hahaha,

    vist back gan thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anggap THR sebagai bonus aja, jadi ngak perlu ada THR pun tetap terjaga keuangannya

      Delete
  5. Kalo saya mah pengenya yng diskon trus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa kalau cari diskonan harus yang benar benar real diskon ya

      Delete
  6. Kalau cara hemat kami yah.... hemmm... nggak belanja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh sih belanja, tapi harus yang sesuai kebutuhan

      Delete
  7. Nice info gan. Tapi sayang THR blm keluar

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar gan, usahakan pakai dana yang telah ditabung sebelumnya

      Delete

Recent Posts

Followers