Memotivasi dan Menginspirasi

Friday, 24 May 2019

Kuliah Tinggi Tidak Menjamin Kesuksesan


Banyak orang beranggapan kalau kesuksesan itu bisa diraih dengan jalan kuliah tinggi, bahkan setinggi tingginya mulai dari S1, S2,S3, sampai galaxy S9, loh kok malah jadi nyampe ke hape? 
Padahal tidak sedikit dari para sarjana itu yang kerjanya hanya jadi karyawan, atau naik dikit jadi manajer, bahkan banyak juga yang masih menganggur, bahkan data pengangguran banyak didominasi oleh para sarjana alias pengangguran berpendidikan. 

Kita banyak mendengar tentang orang sukses yang pendidikannya tidak tinggi, dibidang ekonomi kita lihat para konglomerat sukses banyak yang drop out dari kuliah sebut saja bill gates, mark zuckerburg, dll, dibidang politik juga gitu, cohtohnya soekarno yang hanya tamat S1, megawati tidak lulus kuliah, atau jokowi yang hanya S1 bisa sukses menjadi presiden Indonesia, walaupun hasil kerjanya masih diperdebatkan, tetapi faktanya bisa berhasil duduk jadi presiden Indonesia. Dibidang ilmu pengetahuan misalnya para ilmuan juga tidak berpendidikan tinggi tetapi dengan ketekunan dan kerja keras mereka bisa berhasil dan bahkan bisa mengajari para mahasiswa doktoral.

Lalu sebenarnya apa sih kunci kesuksesan itu? Apakah harus berpendidikan tinggi atau malah harus tidak kuliah biar kayak bill gates dan mark zuckerburg? 

Kunci sukses itu intinya harus kuat dan jujur. Kuat artinya tidak harus kuat secara fisik ya, tetapi kuat dalam pola fikir dan kecerdasan, dan kecerdasan itu tidak selalu didapat dibangku kuliah, bahkan kebanyakan didapat dari belajar dari pengalaman pengalaman dan langsung dipraktekkan. Kuat juga dinilai dari kerja keras dan konsistensi kita, kecerdasan tanpa kerja keras juga tidak menghasilkan apa apa. 

Dengan memiliki kecerdasan kita bisa melihat dengan jeli peluang peluang yang bisa membawa kita menuju kesuksesan dan mengimplementasikannya dengan kerja keras dan konsistensi. 

Kemudian kunci sukses selanjutnya adalah kejujuran. Kuat, cerdas, kerja keras dan konsisten saja tidak cukup untuk meraih kesuksesan, tetapi harus punya kejujuran. Kejujuran erat kaitannya dengan kepercayaan. Kesuksesan juha tidak bisa didapat dengan kerja sendiri, harus ada kerjasama dengan orang lain, tetapi tidak boleh juga terlalu bergantung dengan orang lain, harus ada keseimbangan antara kerja sendiri dan bantuan orang lain. 

Selain itu kejujuran juga bisa menghindari kita dari sifat tamak dan serakah yang bisa merubah arah ke jurang kehancuran. Sifat rendah hati, mau belajar, tidak curang juga termasuk dari nilai nilai kejujuran.

Kesimpulannya adalah kunci sukses adalah cerdas dan jujur, dan itu semua didapat dari mana saja baik itu dibangku kuliah ataupun di luar bangku kuliah.  Jadi sukses itu hak semua orang, baik yang berpendidikan tinggi maupun tidak.

Demikianlah secercah tulisan saya, semoga ada manfaatnya. Jangan lupa untuk support blog ini dengan cara share dan follow blog ini. Terima kasih

Share:

4 comments:

  1. Sukses menurut individu itu beda2, bro.
    Kalo menurut ku sukses itu bisa mencapai surga bersama seluruh umat manusia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sukses itu bermacam macam, ada yang sukses dari sisi ekonomi, politik, ilmu, dan yang paling penting adalah sukses di bidang agama yg bisa membuat bahagia didunia dan akhirat

      Delete
  2. Sukses buat kita semua aja bro...
    Trimakasih gan ...

    ReplyDelete

Recent Posts

Popular

Followers

Home Ads

Comments