Memotivasi dan Menginspirasi

Wednesday, 22 May 2019

Tak Kenal Maka Tak Minjem


Halo semua,
Punya banyak kenalan merupakan sebuah hal yang baik, dengan punya banyak kenalan ada banyak keuntungan-keuntungan yang kita dapat. Kita bisa bekerja sama dalam bisnis, kalau kepepet kita juga bisa minta tolong sama kenalan, kalau ada urusan di suatu tempat kita juga bisa minta urusin sama kenalan.

Tapi itu adalah sisi baiknya atau kondisi ideal dari punya banyak kenalan. Namun belum tentu juga itu dapat terjadi pada semua orang. Tidak jarang mendapatkan hal yang sebaliknya. Punya banyak kenalan terkadang bikin repot juga, banyak sekali yang minta tolong ini minta tolong itu, urusin ini urusin itu, bahkan yang lebih ngenes lagi punya banyak kenalan maka banyak juga yang pinjam uang.

Biasanya kita sering mendapati terketika teman mau pinjem uang maka dia akan berubah sikap 360 derajat dari sikap aslinya, dari yang  biasanya jutek jadi baik, dari yang biasanya cuek jadi sangat ramah. Orang-orang yang didatangi teman yang sikapnya sangat ramah biasanya suka parno aja, dalam hatinya "pasti mau pinjem duit nih orang". Dan benar ternyata memang benar benar mau pinjam duit orangnya. Namun anehnya pada saat pengembaliannya pasti sangat lama, bahkan ditagih berkali-kali juga ngak dikasih, bahkan yang minjemin bahkan dimarahin, lah yang ngutang sia yang marah-marah kok dia, ada juga yang ditagih yang punya uang tapi di sosmed upload foto liburan, upload foto beli barang mewah.

Bagaimana sikap kita terhadap hal ini?

Ada yang biasa saja sih, malahan senang karena memang dia yang biasa minjem. Ada juga yang ngak suka, namun karena terpaksa ya dipinjemin juga, takut ngak enakan katanya. Ada juga yang punya prinsip dia ngak akan minjemin uang ke orang tapi dia juga ngak mau pinjem uang keorang lain.

Semua orang punya prinsip masing-masing sih, ada plus minusnya juga. Yang memang senang dipinjemin ya bagus sih asalkan ikhlas, yang terpaksa minjemin ya mau dikata apa, serba salah juga dipenjemin entah kapan dibalikin uangnya, yang ngak mau minjem dan ngak mau dipinjemin juga bebas dari dihutangin tapi ngak bebas dari nyinyiran orang.
Share:

4 comments:

  1. wah spertinya ini pengalaman gan haha. ya tapi kalo minjem jangan lupa dibalikin itu harus diinget

    Fakhrezy

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman saya dan banyak orang deh kayaknya gan, haha.

      Delete
  2. Hehehe saya malah jadi malu ketika harus menagihnya... Karena saya orangnya begitu, ga tegaan... Kalau pinjemnya sedikit sih... hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya jadi malas nagihnya lagi gan, udah ikhlasin aja buat tabungan akhirat, hehe

      Delete

Recent Posts

Popular

Followers

Home Ads

Comments