MOTIVASIANA.COM: June 2019

Tuesday, 11 June 2019

Kunci Sukses Adalah Mengikuti Proses


Siapa yang tidak ingin meraih sukses? Betapa banyak orang yang memimpikan sukses dan hidup enak.

Namun sangat sedikit mengetahui proses yang dilalui sebelum mencapai level kesuksesan seperti mereka. Mereka tidak tau betapa sulit dan terjalnya jalan yang harus mereka lalui terlebih dahulu sebelum mereka sukses. Kebanyak kita hanya melihat hasil akhirnya saja.

Betapa banyak orang yang berpuluh puluh tahun menempuh prosesnya baru kemudian sukses, betapa banyak orang yang menempuh proses lalu kembali lagi keawal karena bankrut berkali kali baru bisa sukses.

Sukses tidak mungkin dicapai tanpa melalui proses yang panjang dan kegagalan berkali-kali. Seperti kata pepatah sukses tidak akan dicapai dalam satu malam.

Intinya adalah mulailai berbuat kebaikan menuju sukses, mulai dari hal hal kecil terlebih dahulu, ikuti prosesnya selangkah demi selangkah, sedikit demi sedikit, jika gagal cobalah bangkit kembali, ambil pelajaran dari kegagaln agar tidak terulang dikemudian hari.

Mengikuti proses tidak hanya akan menuntun kita dalam menuju kesuksesan, tetapi juga akan mematangkan kita ketika sudah mencapai kesuksesan sehingga kita tidak akan lalai, terlena, dan sombong ketika sudah sukses. Banyak orang yang sombong ketika sudah sukses, mereka lupa akan jalan panjang yang mereka lalui sebelumnya, gemilau dunia menutup mata dan hati mereka akan kebenaran dan kerendahan hati sehingga berubah menjadi sombong.

Yang terbaik adalah, mulailah mengejar mimpimu dari hal hal yang bermanfaat, ikuti prosesnya, ambil pelajaran dari kegagalan, maka kesuksesan semakin dekat.

Thursday, 6 June 2019

Tradisi Lebaran di Indonesia, Minta Maaf dan Ghibah

Lebaran merupakan merupakan hari raya yang suci bagi umat islam di dunia, tak terkecuali di dunia. Diberbagai belahan dunia banyak cara dilakukan dalam rangka menyambut lebaran.

Di indonesia misalnya, banyak perayaan untuk menyambut lebaran, mulai dari membuat kue, ketupat, berkunjung kekeluarga, dan sebagainya.

Namun ada tradisi di indonesia yang menurut saya unik bahkan sangat unik dan bikin saya tertawa geli.

Di indonesia kalau lebaran biasanya ada kumpul kumpul keluarga, dan disana biasanya orang orang saling minta maaf, baik yang kenal maupun tidak kenal, semuanya minta maaf, entah itu ada salah atau tidak pokoknya minta maaf.

Maaf maafan dengan siapa saja bahkan yang tidak dikenal sekalipun sih masih bisa ditolerir ya. Namun setelah mereka bermaaf maafan mereka saling ngobrol dengan puasnya, tertawa terbahak bahak dan sampai kebablasan omongannya.

Kebablasan gimana? Mereka sering ngomongin orang, eh ternyata si A itu begini begini, si B itu begitu begitu, anaknya si A itu...., anaknya si B itu....cucunya si B itu...

Isi omongannya dari A sampai Z gibahin orang aja. Ok lah tadi udah dapat pahala bermaaf maafan, namun habis maaf maafan langsung bikin dosa gibah orang.
Jadi dapat pahala satu, habis itu bikin dosa empat kali. Malah jadi minus kan.

Jadi kalaug itu ngak usah lebaran dong? ya ngka gitu juga, cuma ngak usah pakai ngomongin orang gitu, ngobrolin yang biasa biasa saja, atau kalau ngomongin orang ya yang baik baik saja. OK

Demikian tulisan singkat saya.

Monday, 3 June 2019

Lebih Hemat Beli Rumah KPR Tunai, Kredit, Atau Bangun Rumah Sendiri ?



Rumah wajib dipenuhi oleh setiap orang khususnya yang sudah berkeluarga. Namun punya rumah bukan merupakan sesuatu yang mudah untuk diwujudkan.

Sebenarnya ada banyak cara untuk dapat mewujudkan impian punya rumah sendiri, bisa dengan beli sendiri atau bisa juga dengan warisan. Tapi kita tidak bahas yang warisan ya, saya hanya akan bahas yang beli sendiri saja.

Punya rumah bisa didapat lewat cara beli KPR dengan cara mencicil, bisa membeli KPR dengan tunai, atau bisa juga membangunnya sendiri dari awal. Mana yang lebih baik diantara ketiga cara tersebut?

Semua cara diatas itu tergantung dari keadaan seseorang juga ya, masing masing orang berbeda beda kemampuannya. Saya hanya akan membandingkan kehematan diantara ketiga cara tersebut.

Metodenya sederhana, kita ingin punya rumah ukuran bangunan 6x6 atau sering disebut dengan tipe 36, dan luas tanah 10x10 meter persegi. Kemudian saya akan membandingkan biaya mendapatkan rumah dengan spesifikasi tersebut dengan ketiga cara tadi.

Cara Kredit Rumah KPR

Dengan cara kredit kita bisa punya rumah hanya dengan DP yang kecil, kalau non subsidi hanya dengan 8 juta saja kita bisa dapat  rumah, bahkan kalau yang subsidi DP nya bisa lebih kecil lagi, dan bisa dicicil beberapa kali.

Kemudian kita mencicil selama beberapa tahun, kalau DP dan cicilannya kecil tentu jangka waktunya lebih panjang bisa sampai 15-20 tahun, dan biasanya cicilan perbulan bisa berubah seiring dengan peningkatan suku bunga bank indonesia, kalau suku bunga naik maka cicilan akan naik, begitu juga sebaliknya.

Kenaikan suku bunga inilah yang membuat bengkak pengeluaran yang kita bayarkan setiap bulan, walaupun jika suku bunga turun apakah cicilan akan diturunkan? Kayaknya ngak deh, dan suku bunga jarang sekali turun, relativ naik setiap tahunnya.

Saya mensurvey harga rumah KPR di daerah itu rata rata 150 juta untuk tipe 36. Itu belum termasuk biaya administrasi, biaya notaris balik nama, biaya survey, perizinan dan lain lain. Kita juga akan menanggung biaya kenaikan bunga bank, ditambah lagi biaya pinalti keterlambatan membayar cicilan. Jadi total yang kita keluarkan sampai lunas cicilan adalah sebesar 150 juta lebih.

Beli Rumah KPR Tunai

Dengan cara membeli tunai kita bisa dapat harga yang lebih murah dibandingkan dengan kredit tentunya. Dengan tipe rumah yang sama yaitu tipe 36 maka kita bisa dapat lebih murah mungkin berkisar 120 juta sampai 130 juta, ataupun juka sama dengan harga kredit, maka masih lebih hemat karena kita tidak dikenakan biaya kenaikan bungan dan denda keterlambatan.

Bangun Rumah dari Awal

Untuk bangun rumah dari awal membutuhkan proses yang cukup panjang, kita harus membeli tanah dulu, beli bahan bangunan dan menyewa jasa tukang bangunan.

Untuk harga tanah di daerah berbeda beda setiap lokasi, kita ambil lokasi yang rame atau kita pilih yang dekat dengan perumahan KPR saja biar fair, biasanya harganya 200 ribu permeter persegi, jadi untuk ukuran 10x10 meter kita butuh 20 juta.

Biaya bahan bangunan sampai jasa tukang itu paling mahal 2 juta permeter. Totalnya 36x2 juta = 72 juta.  20juta + 72 juta = 92 juta

Kesimpulannya adalah biaya untuk beli rumah KPR kredit butuh biaya 150 juta lebih, beli KPR Tunai 120 juta, biaya bangun rumah dari awal 92 juta saja. Jadi biaya bangun rumah dari awal adalah yang paling hemat diantara cara cara yang lain.


Sunday, 2 June 2019

Alasan kenapa anak rantau bisa sukses diperantauan

Ada petuah orang tua bilanh kalau mau sukses maka merantaulah? Apakah benar teori itu? Kalau kita melihat orang orang sukses dikota besar kebanyakan mereka bukan penduduk asli kota itu melainkan berasal dari daerah lain alias merantau.

Lantas mengapa orang merantau bisa sukses? Disini saya akan mencoba untuk menjelaskan mengapa orang merantau itu bisa sukses

1. Mandiri
Orang yang merantau pasti mandiri, karena mereka tidak punya sanak saudara untuk dimintai tolong, mereka tidak kenal siapa siapa, mau tidak mau mereka harus berusaha sendiri untuk menyelesaikan masalah mereka. Berbeda dengan orang yang tidak merantau mereka susah mandiri karena masih banyak keluarga, sehingga sedikit sedikit minta bantuan keluarga, masih bisa pinjem uang sama keluarga

2. Bekerja keras
Para perantau datang ke kota besar kebanyakan dengan tidak membawa harta yang banyak, mereka mengadu nasib hanya bermodalkan kerja kera. Anak rantau tidak akan malas, karena jika malas maka mereka tidak bisa makan.

3. Motivasi untuk sukses
Orang yang merantau punya motivasi sukses yang lebih besar daripada yang tidak merantau, orang yang merantau harus lebih sukses. Mereka punya motivasi tinggi untuk meraih kesuksesan.

Itulah alasan mengapa orang yang merantau bisa sukses diperantauan. Dan bukan berarti yang tidak merantau tidak bisa sukses ya, semua bisa sukses asal berusaha, berdoa dan bekerja keras.

Demikian, terima kasih

Saturday, 1 June 2019

Selamat Jalan Ani Yudhoyono, Ibu Negara Sejati



Pada tulisan kali ini saya tidak akan membahas dari sisi penyakit yang menyerangnya, tapi saya akan membahas mengenai sepak terjang beliau selama menjadi ibu negara Indonesia semasa pak SBY menjadi presiden Indonesia selama 10 tahun. Beliau dikenal sebagai ibu negara yang cerdas. Ibu Ani sering berinteraksi dengan masyarakat baik secara langsung maupun menyapa lewat dunia maya. Ibu Ani dikenal aktif di sosial media Instagram.

Selama menjadi ibu negara banyak sekali program program kreatif yang digagas oleh ibu Ani, mungkin sebagian orang banyak yang tidak tahu apa apa saja program yang digagas beliau. Diantara konsep konsep program beliau adalah program indonesia sehat, indonesia pintar. Diantara program program tersebut mungkin banyak diadopsi juga oleh presiden joko widodo, entah itu konsepnya atau nama programnya.

Banyaknya program inilah kita bisa menilai bahwa ibu Ani adalah seorang ibu Negara yang cerdas dan pemikir yang cerdas. Rasanya tidak akan akan yang menyanggah bahwa ibu negara, Ibu Ani Yudhoyono adalah Ibu Negara Sejati yang mengayomi seluruh rakyat Indonesia, yang memberikan semua waktu dan dedikasinya untuk rakyat indonesia.

Namun kini belia sudah berpulang kerahmatullah, pergi meninggalkan kita untuk selamanya, namun jangan bersedih, walaupun dia sudah tiada, namun buah dari pemikiran dan kerjanya akan tetap abadi dan menjadi teladan bagi kita sebagai anak bangsa.

Hal Hal yang Harus Dilakukan Akper Setih Setio Agar Tambah Maju



Akper Setih Setio merupakan suatu lembaga pendidikan dibidang keperawatan dengan jenjang pendidikan DIII (Diploma III), dari sejarahnya bahwa akper setih setio muara bungo merupakan rintisan dari SPK (Sekolah perawat kesehatan). Begitu sejarahnya yang saya dapat dari cerita pimpinan yayasan ketika mereka berkunjung sewaktu saya masih menjadi mahasiswa disana, namun kalau salah mohon dikoreksi ya.

Namun pada tulisan kali bukan sejarah akper setih setio yang akan saya bahas, tetapi menulis berupa saran saran saya agar akper setih setio ini tambah maju. Kampus ini terletak di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, dimana dulu kampus dibungo ini sangat sedikit, akper setih setio termasuk salah satu kampus tertua yang ada dikota ini. Pada waktu itu tentu jumlah mahasiswa yang masuk ke akper ini tentu masih sangat banyak ya, waktu saya masuk saja pada tahun 2010 banyak juga pendaftar yang ditolak.

Namun, Kampus kampus dibungo semakin menjamur, mulai dari kebidanan, agama, universitas, keguruan, dan sebagainya. Lalu apakah ada imbasnya ke akper setih setio? Tentu ada lah ya dampaknya, yang paling terasa sih paling tidak berkurangnya peminat ke akper setih setio.

Berikut saya kasih saran untuk akper makin maju, bukan saya sok soan ya, namun ini hanya saran semata, saya ambil dari pemikiran sendiri dan dari masukan masukan di sosmed, blog ataupun secara langsung.

1. Gencar promosi
Promosi adalah salah satu hal yang wajib agar masyarakat tau kalau ada akper setih setio sabagai tempat kuliah, kuliahnya gimana, lulus bisa jadi apa, akreditasinya apa, cara daftarnya gimana. Semakin banyak promosi semakin besar pula peluang masyarakat untuk daftar di akper setih setio.

Media promosi ada banyak jenisnya ya mulai dari promosi dikoran, radio, spanduk dijalan jalan, media sosial, ataupun di blog.

2. Berubah menjadi stikes
Ini banyak sekali ditanyakan kepada saya apakah akper itu S1 atau D3, jelas akper itu jenjangnya D3 ya, kalau S1 ya Stikes namanya. Hal ini sangat disayangkan ya, padahal banyak yang mau kuliah perawat tapi mereka maunya jenjang S1, mau tidak mau akper harus merespon ini, mereka harus buka S1 dan menjadi Stikes, dengan menjadi stikes dapat membuka peluang dibukanya jurusan jurusan kesehatan lain yang dapat memberi nilai lebih.

3. Tingkatkan akreditasi
Akreditasi sekarang sudah menjadi standar orang-orang dalam memilih tingkat kuliah, dahulu akreditasi tidak begitu penting, bahkan sudah terakreditasi C saja sudah bagus, sekarang akrediasi minimal harus B, dan semakin lama akreditasi B sudah teralalu biasa sehingga akreditasi A wajib didapatkan jika ingin banyak peminat yang daftar.

4. Show up alumni
Alumni juga tidak kalah penting ya, masyarakat juga melihat bagaimana alumninya sekarang, kerja dimana, kerja apa, sukses atau tidak itu sangat berpengaruh. Jika alumni akper itu pada sukses masyarakat tentu tidak akan ragu untuk daftar di akper setih setio. Selain itu akper juga harus sering sering mempromosikan alumninya yang sukses kepada masyarakat agar masyarakat tertari untuk masuk akper.

5. Tingkatkan branding
Branding dapat merubah persepsi masyarakat terhadap akper setih setio. Akper ini mau dibikin seperti apa brandingnya. Apakah tempat kuliah yang berkualitas dan munyenangkan, atau tempat kuliah yang murah, atau tempat kuliah yang peluang kerjanya tinggi. Akper harus memikirkan brandingnya seperti apa. Jangan sampai masyarakat bingung tentang akper, jangan sampai tidak ada yang melekat dimasyarakat tentang akper setih setio.

Demikianlah saran saran saya untuk Akper Setih Setio agar lebih maju dan menjadi kampus nomor satu di bungo. Semoga ada manfaatnya.

DUKUNG TERUS BLOG INI DENGAN SHARE KE MEDIA SOSIAL, DAN FOLLOW BLOG INI, CARA NYA TEKAN TOMBOL FOLLOW/IKUTI PADA POJOK KIRI BAWAH BLOG INI. TERIMA KASIH