Header Ads

Breaking News
recent

Hal Hal yang Harus Dilakukan Akper Setih Setio Agar Tambah Maju



Akper Setih Setio merupakan suatu lembaga pendidikan dibidang keperawatan dengan jenjang pendidikan DIII (Diploma III), dari sejarahnya bahwa akper setih setio muara bungo merupakan rintisan dari SPK (Sekolah perawat kesehatan). Begitu sejarahnya yang saya dapat dari cerita pimpinan yayasan ketika mereka berkunjung sewaktu saya masih menjadi mahasiswa disana, namun kalau salah mohon dikoreksi ya.

Namun pada tulisan kali bukan sejarah akper setih setio yang akan saya bahas, tetapi menulis berupa saran saran saya agar akper setih setio ini tambah maju. Kampus ini terletak di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, dimana dulu kampus dibungo ini sangat sedikit, akper setih setio termasuk salah satu kampus tertua yang ada dikota ini. Pada waktu itu tentu jumlah mahasiswa yang masuk ke akper ini tentu masih sangat banyak ya, waktu saya masuk saja pada tahun 2010 banyak juga pendaftar yang ditolak.

Namun, Kampus kampus dibungo semakin menjamur, mulai dari kebidanan, agama, universitas, keguruan, dan sebagainya. Lalu apakah ada imbasnya ke akper setih setio? Tentu ada lah ya dampaknya, yang paling terasa sih paling tidak berkurangnya peminat ke akper setih setio.

Berikut saya kasih saran untuk akper makin maju, bukan saya sok soan ya, namun ini hanya saran semata, saya ambil dari pemikiran sendiri dan dari masukan masukan di sosmed, blog ataupun secara langsung.

1. Gencar promosi
Promosi adalah salah satu hal yang wajib agar masyarakat tau kalau ada akper setih setio sabagai tempat kuliah, kuliahnya gimana, lulus bisa jadi apa, akreditasinya apa, cara daftarnya gimana. Semakin banyak promosi semakin besar pula peluang masyarakat untuk daftar di akper setih setio.

Media promosi ada banyak jenisnya ya mulai dari promosi dikoran, radio, spanduk dijalan jalan, media sosial, ataupun di blog.

2. Berubah menjadi stikes
Ini banyak sekali ditanyakan kepada saya apakah akper itu S1 atau D3, jelas akper itu jenjangnya D3 ya, kalau S1 ya Stikes namanya. Hal ini sangat disayangkan ya, padahal banyak yang mau kuliah perawat tapi mereka maunya jenjang S1, mau tidak mau akper harus merespon ini, mereka harus buka S1 dan menjadi Stikes, dengan menjadi stikes dapat membuka peluang dibukanya jurusan jurusan kesehatan lain yang dapat memberi nilai lebih.

3. Tingkatkan akreditasi
Akreditasi sekarang sudah menjadi standar orang-orang dalam memilih tingkat kuliah, dahulu akreditasi tidak begitu penting, bahkan sudah terakreditasi C saja sudah bagus, sekarang akrediasi minimal harus B, dan semakin lama akreditasi B sudah teralalu biasa sehingga akreditasi A wajib didapatkan jika ingin banyak peminat yang daftar.

4. Show up alumni
Alumni juga tidak kalah penting ya, masyarakat juga melihat bagaimana alumninya sekarang, kerja dimana, kerja apa, sukses atau tidak itu sangat berpengaruh. Jika alumni akper itu pada sukses masyarakat tentu tidak akan ragu untuk daftar di akper setih setio. Selain itu akper juga harus sering sering mempromosikan alumninya yang sukses kepada masyarakat agar masyarakat tertari untuk masuk akper.

5. Tingkatkan branding
Branding dapat merubah persepsi masyarakat terhadap akper setih setio. Akper ini mau dibikin seperti apa brandingnya. Apakah tempat kuliah yang berkualitas dan munyenangkan, atau tempat kuliah yang murah, atau tempat kuliah yang peluang kerjanya tinggi. Akper harus memikirkan brandingnya seperti apa. Jangan sampai masyarakat bingung tentang akper, jangan sampai tidak ada yang melekat dimasyarakat tentang akper setih setio.

Demikianlah saran saran saya untuk Akper Setih Setio agar lebih maju dan menjadi kampus nomor satu di bungo. Semoga ada manfaatnya.

DUKUNG TERUS BLOG INI DENGAN SHARE KE MEDIA SOSIAL, DAN FOLLOW BLOG INI, CARA NYA TEKAN TOMBOL FOLLOW/IKUTI PADA POJOK KIRI BAWAH BLOG INI. TERIMA KASIH

No comments:

Powered by Blogger.