Memotivasi dan Menginspirasi

Tuesday, 1 October 2019

Pancasila Milik Semua Rakyat Indonesia



Hari ini 1 Oktober diperingati sebagai hari kesaktian Pancasila. Lebih dari sekedar memperingati, pancasila merupakan dasar dan falsafah negara kita, Indonesia. Nilai nilai yang terkandung dalam pacasila mencakup nilai nilai yang ada dalam masyarakat Indonesia. Mulai dari Nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Keadilan, Kerukunan dan Persatuan.

Artinya apa, bahwa semua sila yang ada pada Pancasila merupakan wujud dari masyarakat Indonesia. Walaupun Soekarno yang terkenal sebagai penggagas Pancasila.

Namun akhir-akhir ini banyak orang atau kelompok yang salah kaprah terhadap Pancasila. Pancasila itu diartikan sebagai cerminan dari dirinya atau kelompoknya dan menganggap kelompok yang diluar kelompoknya sebagai bukan Pancasilais. Seorang nasionalis menganggap hanya nasionalis sajalah yang menganut pancasila, yang lainnya tidak. Seorang Islamis hanya menganggap mereka yang pancasila, yang lain bukan.

Pertentangan semacam ini sebenarnya bukan muncul pertama kali. Bahkan sudah muncul sebelum Pancasila itu lahir. Sejak jaman orde lama misalnya, kaum nasionalis menggangap diri merekalah yang pancasilais. Jaman orde baru hanya menganggap mereka yang berada dipemerintahan saja yang pancasilais yang lainnya tidak.

Dan sekarang dijaman presiden jokowi ini terulang kembali, saling klaim sebagai yang paling pancasilais semakin memanas. Betapa banyak organisasi yang dibubarkan oleh pemerintah karena dianggap bertentangan dengan pancasila. Pemerintah menganggap hanya merekalah yang pancasilais, dan cara mengamalkan pancasila adalah seperti mereka.

Padahal itu salah besar, kita harus lihat sejarah, dalam perumusan pancasila terjadi perdebatan sengit diantara para pendiri bangsa. Mereka terpecah menjadi dua fraksi, Islamis dan Nasionalis yang memperdebatkan tentang sila pertama. Pada akhirnya terjadilah sebuah kompromi yang dapat diterima oleh semua golongan.

Jadi Pancasila mewakili semua golongan, semua rakyat Indonesia adalah bagian dari Pancasila seperti yang dikehendaki oleh para pendiri bangsa ini.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Recent Posts

Followers