Memotivasi dan Menginspirasi

Friday, 6 March 2020

Misteri Jam Raksasa Candi Borobudur

Candi Borobudur  merupakan satu dari tujuh keajaiban dunia yang menyimpan banyak misteri yang belum terungkap. Salah satunya jam raksasa candi borobudur.

Borobudur bermula pada tahun 750 masehi, ketika seorang arsitek bernama Gunadarma berdiri di sebuah gunung di kerajaan Syailendra. Dihadapannya tampak sebuah danau dikelilingi tujuh gunung. Di tengah danau berdiri sebuah bukit, dari danau itu mengalir sungai, berkelok-kelok, sebuah pemandangan yang luar biasa indah.

Sayangnya, dua dari tujuh gunung yang mengelilingi termasuk gunung aktif. Itulah gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Alam Kerajaan Syailendra subur dan indah, tapi rawan bencana.


Nah, ada satu misteri lain soal Candi Borobudur yakni sebuah jam raksasa. Bagaimana melihat candi Borobudur sebagai sebuah jam raksasa?

Begini penjelasannya. Candi Borobudur memiliki 72 buah stupa berbentuk lonceng terbalik. Stupa terbesar berada dilantai teratas. Arsitek Borobudur memakai stupa-stupa itu sebagai titik tanda jam.

Jarum jam-nya berupa bayangan sinar matahari yang disebabkan stupa terbesar. Ya, bayangan stupa terbesar selalu jatuh dengan tepat di stupa lantai bawah. Tak hanya itu, Candi Borobudur juga merupakan petunjuk arah yang sangat tepat. Tanpa bantuan Kompas dan GPS
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Recent Posts

Followers